4.28.2011

DARI SUNYARAGI BISA KE MEKAH


Itu kata penduduk yang menjaga Sunyaragi(deng… saya lupa menanyakan arti sunya ragi, cari di internet aja ya pembaca-PR amat yah?!), ya kalau fungsinya untuk tempat orang bermeditasi juga menyendiri. Kalau istilah jawanya; semedi, kalau dalam istilah Islam; tafakkur, dzikir, atau khalwat. Juga ada tempat penempaan senjata, juga rekreasi keluarga Sultan.
Awal saya kemari tidak lain adalah rangkaian acara rekreasi keluarga Cosmomen 2010 sekaligus acara pemotretan, kerenannya photoshoot. Dengan saktinya rekan saya, Bang Johan mendapat ijin untuk melakukan pemotretan disini dengan diberikan surat keputusan langsung dari Sultan Kasepuhan Cirebon untuk mengijinkan kami melakukan pemotretan di tempat tersebut. Lengkap dibubuhi segel kerajaan.
Sunyaragi yang saat ini menjadi milik Keraton Kasepuhan Cirebon itu, memiliki banyak gua. Saya langsung saja ceritakan beberapa gua yang memiliki niliai historis sampai ke mistis ya. Bisa dibilang, memang walau letaknya di daerah kawasan padat penduduk, tapi kesan wingitnya masih terasa.
Gua Pawon, secara bahasa artinya Gua Dapur. Nah dikasih nama seperti itu bukan berarti para abdi dalem masak disitu. Tapi Gua Pawon difungsikan sebagai tempat pengiriman makanan beserta lauk-pauk(kalau saya boleh bilang sekarang mungkin sesajen) ke pemakaman Sunan Gunungjati. Canggih juga ya teknologi jaman dulu, nama ajiannya saya lupa, apalagi mantranya. Jadi teknologinya sudah setara dengan film-film Starwars, orang dengan mudahnya mengirim barang dengan seeanaknya.
Ada cerita yang begitu menggugah nurani di Gua Pawon, yaitu pada suatu hari di bulan Ramadhan ada sepasang kekasih yang melakukan hubungan suami-istri disana. Alhasil, mereka kena dempet alias (sorry) ’belakang’ sama ‘depan’ ga bisa lepas-lepas. Akhirnya mereka diarak menuju kantor kelurahan oleh warga, kemudian dipisahkan oleh ‘orang pintar’.
Tidak tahu juga alasan mereka sampai mau melakukan hubungan suami istri di tempat se’horor’ itu. Pengen dikata biar eksotis… tepok jidat.
***

No comments:

Post a Comment